Cara Membeli Tiket Pesawat Online dengan ATM

Anda ingin membeli tiket pesawat online sendiri dengan berencana melakukan pembayaran via ATM. Namun bagaimanakah caranya? Nah, untuk menjawab rasa kebingungan Anda ini, ikuti saja langkah-langkah pembelian tiket pesawat yang pembayarannya dilakukan mesin ATM berikut ini.

Tentu sebelum Anda melakukan pembayaran tiket pesawat dengan kartu ATM, Anda perlu terlebih dulu melakukan booking tiket pesawat. Caranya, Anda bisa buka Tiket.com dan kemudian lakukan pemesanan tiket untuk rute perjalanan yang Anda inginkan. Misalkan Anda ingin pergi ke Semarang, maka masukkan Semarang sebagai lokasi tujuan pemberangkatan Anda. Sedang untuk asal pemberangkatan, isi dengan asal bandara Anda.

Lalu pesan tiket yang Anda inginkan. Ikuti terus proses pemesanan tiket tersebut sampai akhirnya Anda akan dibawa pada pilihan metode pembayaran. Pada tahap pemesanan tiket inilah Anda pilih untuk menggunakan ‘transfer ATM’ atau ‘ATM BCA’.

Jika Anda memilih “Transfer ATM” itu artinya untuk pembayaran dengan kartu ATM selain BCA, misalnya kartu ATM Bank Mandiri, kartu ATM BNI, kartu ATM BRI, atau kartu ATM bank lainnya. Yang penting terdapat logo ATM Bersama dan PRIMA dalam mesin ATM tersebut.

bayar tiket pesawat via atm

Sedang jika Anda memilih “ATM BCA” berarti ini khusus untuk Anda yang ingin membayar tiket dengan memakai kartu ATM BCA.

bayar tiket pesawat via atm

Anda pilih salah satunya dan kemudian klik “Selesaikan pemesanan” pada tombol berwarna orange yang ada di bawah.

bayar tiket pesawat via atm

Berikutnya Anda akan melihat Order Id dan Virtual Account Number untuk pemesanan tiket yang Anda lakukan. Juga terdapat tata cara untuk melakukan transfer.

Sebagai contoh, untuk melakukan pembayaran tiket pesawat dengan menggunakan Bank Mandiri, Anda bisa masukkan kartu ATM Mandiri Anda ke mesin ATM, kemudian Pilih Bahasa; Masukkan PIN; Pilih ‘Transaksi Lainnya’,; Pilih ‘Transfer’; Pilih ‘Ke Rekening Bank Lain ATM Bersama/Link’; Masukkan kode bank (013) beeserta 16 Nomor Virtual Account untuk pemesanan Adna ini. Pastikan Anda memasukkan jumlah pembayaran persis sesuai nominal yang ditagihkan dalam tiket pesawat online yang Anda pesan. Cek kembali nominal transfer pembayaran tiket Anda agar proses pembayarannya berlangsung dengan sukses. Sedang untuk nomor referensi transfer bisa Anda kosongkan saja, dan kemudian tekan ‘Benar’ pada layar ATM.

Lalu akan muncul layar konfirmasi transfer yang berisi nomor rekening tujuan serta Order Id beserta jumlah yang Anda bayar. Periksa sekali lagi dan pastikan sudah benar. Dan terakhir tekan ‘Benar’. Maka pembayaran tiket pesawat Anda dengan menggunakan kartu ATM Mandiri pun sudah selesai.

Kurang lebih caranya sama jika Anda melakukan pembayaran tiket dengan menggunakan kartu ATM Debit BCA. Tahapan langkahnya, setelah Anda masukkan kartu ATM BCA ke dalam mesin ATM BCA, lalu masukkan PIN; Pilih ‘Transaksi Lainnya’; Pilih ‘Pembayaran’; Pilih ‘layar berikut’; Pilih ‘Lain Lain’; Masukkan Kode Perusahaan dan kemudian masukkan Order Id untuk tiket yang Anda booking tersebut. Kemudian layar ATM akan menampilkan konfirmasi mengenai pembayaran tiket pesawat yang akan Anda lakukan dengan memunculkan Order Id, harga , dan detail pembayaran yang akan dibayar. Jika semuanya sudah benar, Anda bisa tekan ‘Benar’.

Begitulah caranya untuk melakukan pembayaran tiket pesawat online dengan ATM BCA. Mudah kan untuk bayar tiket pesawat dengan memakai kartu ATM?

Author: erwinpetas

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *